Kamis, 05 Mei 2011

Memahami Internet

Memahami Internet: Dunia Tanpa Batas
Tuesday, 02 March 2010 04:00 Eri Satria
Beritahu Teman Anda Tentang Web Ini Print Download artikel ini dalam format PDF
TRANSLATE TRANSLATING
[af] afrikaans [sq] albanian [ar] arabic [be] belarusian [bg] bulgarian [ca] catalan [zh] chinese [zh-CN] chinese simplified [zh-TW] chinese traditional [hr] croatian [cs] czech [da] danish [nl] dutch [en] english [et] estonian [fi] finnish [fr] french [gl] galician [de] german [el] greek [iw] hebrew [hi] hindi [hu] hungarian [is] icelandic [id] indonesian [ga] irish [it] italian [ja] japanese [ko] korean [lv] latvian [lt] lithuanian [mk] macedonian [ms] malay [mt] maltese [no] norwegian [fa] persian [pl] polish [pt-PT] portuguese [ro] romanian [ru] russian [sr] serbian [sk] slovak [sl] slovenian [es] spanish [sw] swahili [sv] swedish [tl] tagalog [th] thai [tr] turkish [uk] ukrainian [vi] vietnamese [cy] welsh [yi] yiddish
Memahami Internet: Dunia Tanpa Batas

Alkisah diceritakan sebuah pesawat ruang angkasa yang ditumpangi beberapa astronot tengah menjalankan misinya menuju sebuah planet. Dengan kecepatan luar biasa, pesawat canggih itu terus melaju menembus ruang angkasa. Sampai akhirnya mendarat di sebuah planet yang belum pernah terjamah sebelumnya.

Mendapati telah sampai di tujuan, maka para astronot sangat gembira. Kemudian mereka keluar dengan terburu-buru dari pesawat. Padahal... oh tidak, mereka sebelumnya tak melakukan persiapan apapun. Mereka kira planet yang baru disinggahinya sama seperti bumi, tempat tinggal yang berlimpah oksigen dan punya gaya tarik gravitasi.
Maka kisah selanjutnya mudah ditebak. Saya tak akan melanjutkannya. Pasti anda sudah bisa bayangkan sendiri bagaimana saat mereka keluar dari pintu pesawatnya dan… perlahan mereka sekarat!

Cerita di atas tentu tak pernah terjadi di luar angkasa sana. Sebab terlalu bodoh bila membiarkan para astronot itu terbang tanpa pengetahuan. Tapi makna ending cerita itu sangat mungkin terjadi di sini. Ya benar di bumi kita ini! Saat kita mulai kenal dunia internet dan karena saking girang memanfaatkannya sebagai saluran bisnis, sampai kita lupa menyesuaikan diri dengan dunia “baru” ini. Kita masih memakai cara lama untuk dunia bisnis “baru”. Dikiranya dengan cara jaman dulu yang pernah menghasilkan sukses, kita bisa mendapatkan kesuksesan yang sama. Padahal tidak! Setiap dunia bisnis baru perlu sikap, perangkat, pengetahuan, dan cara yang baru untuk mencapai sukses.

Karena itulah saya persembahkan artikel ini. Artikel berjudul Menembus Batas Online Marketing ini berisi perangkat dan pengetahuan yang anda butuhkan untuk menjelajahi dunia bisnis internet. Dengan artikel ini saya jamin anda akan tetap bertahan dan bahkan menjadi pebisnis terdepan di dunia internet. Sekali lagi, setiap dunia punya aturannya sendiri. Tinggalkan aturan lama saat berbisnis di dunia offline. Ini dunia online, Bung!

Internet bukan televisi, bukan radio, bukan majalah, bukan direct mail dan bukan pula telemarketing. Internet adalah dunia marketing yang sepenuhnya baru. Siapapun yang tidak siap atau tidak bisa beradaptasi dengan internet tidak akan punya peluang untuk bertahan. Sebab bisnis masa depan ada dalam genggaman internet. Tak percaya? Tiap tahun pengguna internet terus meningkat melebihi media-media konvensional yang pernah ada. Dengan kecepatan dahsyat, jangkauan seluruh dunia dan selalu tersedia dalam 24 jam, tak ada media konvensional yang mampu menandingi internet.

Memang ada sebagian orang yang sudah mulai melakukan marketing lewat internet. Tapi, sayangnya mereka tidak tahu betul bagaimana memanfaatkan internet sebagai senjata

pemasaran produk mereka. Banyak investasi promosi yang dikeluarkan terbuang sia-sia. Penyebabnya ada yang karena frustasi untuk mengenali dunia baru ini. Penyebab lainnya karena banyak yang menganggap internet tak lebih seperti tempat pemasaran yang lama. Atau ada pula yang berpandangan kalau internet akan melakukan semua pekerjaan marketing bagi mereka.

STOP! Anda tentu tak ingin menjadi “korban” selanjutnya kesalahpahaman terhadap dunia internet. Artikel ini akan mencerahkan pemahaman anda dan mengubur dalam- dalam cara berpikir bisnis kuno anda. Artikel i ini akan menunjukkan kenyataan marketing di dunia internet dan memandu anda melakukan investasi marketing terbaik. Serta menjadikan internet sebagai bagian dari proses marketing. Anda akan dibuat sadar kalau internet tak lebih hanyalah salah satu medium marketing dan bukan marketing itu sendiri. Artikel ini juga akan membuka pemahaman anda mengenai perbedaan iklan online dan iklan offline.

Sengaja dalam Artikel ini dikemas dengan begitu sederhana, sehingga siapapun pasti akan mudah memahaminya. Tak akan anda temukan istilah-istilah teknis yang bisa membuat rambut anda rontok. Bahasanya pun dikemas seringan mungkin tanpa mengurangi kadar isi yang ingin disampaikan. Tak ada kata sulit agar anda yang berniat menggeluti internet marketing bisa memahaminya secara tepat dan mudah. Artikel ini juga berisi pola pikir yang anda butuhkan untuk sukses dalam internet marketing. Ada juga tips, trik, dan taktik yang akan menghasilkan keuntungan tanpa batas untuk anda.

Semua informasi berharga itu lahir lewat riset yang sudah saya lakukan bertahun-tahun. Dengan kesungguhan mengamati berbagai perkembangan internet marketing yang sudah dan sedang terjadi serta prediksinya di masa mendatang, maka sungguh bangga saya persembahkan artikel ini untuk anda. Dijamin, informasi yang ada di dalamnya tak mudah lekang oleh waktu.

Tahukah anda kalau banyak sekali perusahaan yang kebingungan menjalankan internet marketing? Ibaratnya seperti lalat yang hinggap di sarang laba-laba. Mereka terjebak dan bingung tak tahu apa yang harus dilakukan.

Namun, ada pula sebagian kecil perusahaan yang sudah merasakan manfaat internet. Diakui, ditinjau dari segi apapun, internet menjadi media yang tak ada bandingannya untuk melakukan marketing. Keuntungan melimpah yang mereka capai yang menjadi dasar atas keyakinan itu. Yang mereka rasakan bukan hanya kabar dari orang-orang, tapi keuntungan nyata yang sudah mereka nikmati langsung.

Dan bagi mereka yang menyadari bahwa internet adalah media pemasaran yang paling baik, mereka akan mempelajari taktik dan tekniknya. Karena situs web benar-benar memberi manfaat besar bagi perkembangan suatu bisnis.

Situs web bukanlah sesuatu hal yang statis. Sebaliknya ia mengikuti proses kehidupan, selalu berkembang dan berubah.

Nah, sekarang apa yang menjadi inti dari sebuah situs web? Apa yang paling menarik dari situs web? Konten. Dan cara terbaik untuk mengembangkan konten terbaik adalah dengan mengikuti tiga langkah ini :

1. Tulislah tujuan yang ingin dicapai oleh website anda.
2. Tulislah hambatan-hambatan yang menghalangi jalan anda untuk mencapai tujuan.
3. Bangun jembatan antara tujuan dan target market anda dengan informasi.

Kesuksesan situs web anda bergantung pada seberapa besar tingkat ketertarikan pengunjung terhadap konten anda. Desain hebat dan promosi yang spektakuler tidak ada artinya jika konten anda tidak memenuhi kebutuhan market anda. Nah, untuk mengembangkan konten demi memenuhi kebutuhan pasar, anda coba dulu menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:

• Apa tujuan jangka pendek dan mendesak situs web anda? Usahakan buat tujuan yang spesifik.
•Apa tindakan yang anda ingin pengunjung lakukan? Sedikit tindakan akan lebih baik.
•Apa tujuan jangka panjang anda ?
•Siapa yang anda inginkan untuk mengunjungi situs anda ?
•Solusi atau keuntungan apa yang anda tawarkan pada para pengunjung ini ?
•Data apa yang harus disediakan oleh situs anda untuk mencapai tujuan utama ?
•Informasi apa yang anda sediakan untuk mendorong mereka bertindak sekarang ?
• Pertanyaan apa yang paling sering ditanyakan pada anda lewat telepon ?
• Pertanyaan dan komentar apa yang paling sering anda dengar?
•Data apa yang harus disediakan oleh situs anda untuk mencapai tujuan kedua ?
•Kemana target audience anda pergi untuk mencari informasi ?
•Seberapa sering anda menginginkan pengunjung anda kembali ke situs anda ?
•Alasan apa yang mungkin menyebabkan anda tidak bisa menjual sebanyak yang anda harapkan ?
•Siapa pesaing yang paling cerdik ?
• Apakah pesaing anda mempunyai situs web?
• Hal apa yang membedakan antara anda dan pesaing anda ?
•Seberapa penting nilai target market anda ?

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas bisa menentukan konten situs web anda. Konten itulah yang nantinya mengarahkan anda untuk menyediakan materi untuk pemula atau materi detail.

Pertanyaan di atas membantu anda mengambil keputusan cerdas. Anda jadi tahu apa yang harus menjadi fokus perhatian anda, apa yang harus digunakan sebagai headings, apa yang harus ditunjukkan pada pengunjung, dan apa yang harus menjadi fitur. Selain itu, anda akan tahu seberapa sering harusnya anda meng-update situs web. Satu hal lagi, anda harus belajar menulis jika anda terjun dalam bisnis yang bergelut dengan dunia menulis (informasi).

Dan, ingat bahwa informasi yang anda berikan harus disajikan dalam ukuran-ukuran kecil. Perbanyak kalimat pendek dan paragraf. Karena internet adalah tempatnya para penulis yang lugas dan jelas. Dan hasilnya, anda akan mendapat keuntungan yang anda mau.Situs web yang berkonten baik berhak mendapat traffic tinggi, baik dari pengunjung maupun dari para pemilik situs web.



* NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman anda di Facebook, MySpace, Twitter, Digg, dll.Silahkan klik logo dibawah ini,Terima kasih.
Bookmark and Share
* Share/Bookmark
*

Memahami Internet: Dunia Tanpa Batas
Fix IE Bug. Dont remove this line.

Alkisah diceritakan sebuah pesawat ruang angkasa yang ditumpangi beberapa astronot tengah menjalankan misinya menuju sebuah planet. Dengan kecepatan luar biasa, pesawat canggih itu terus melaju menembus ruang angkasa. Sampai akhirnya mendarat di sebuah planet yang belum pernah terjamah sebelumnya.

Mendapati telah sampai di tujuan, maka para astronot sangat gembira. Kemudian mereka keluar dengan terburu-buru dari pesawat. Padahal... oh tidak, mereka sebelumnya tak melakukan persiapan apapun. Mereka kira planet yang baru disinggahinya sama seperti bumi, tempat tinggal yang berlimpah oksigen dan punya gaya tarik gravitasi.
Maka kisah selanjutnya mudah ditebak. Saya tak akan melanjutkannya. Pasti anda sudah bisa bayangkan sendiri bagaimana saat mereka keluar dari pintu pesawatnya dan… perlahan mereka sekarat!

Cerita di atas tentu tak pernah terjadi di luar angkasa sana. Sebab terlalu bodoh bila membiarkan para astronot itu terbang tanpa pengetahuan. Tapi makna ending cerita itu sangat mungkin terjadi di sini. Ya benar di bumi kita ini! Saat kita mulai kenal dunia internet dan karena saking girang memanfaatkannya sebagai saluran bisnis, sampai kita lupa menyesuaikan diri dengan dunia “baru” ini. Kita masih memakai cara lama untuk dunia bisnis “baru”. Dikiranya dengan cara jaman dulu yang pernah menghasilkan sukses, kita bisa mendapatkan kesuksesan yang sama. Padahal tidak! Setiap dunia bisnis baru perlu sikap, perangkat, pengetahuan, dan cara yang baru untuk mencapai sukses.

Karena itulah saya persembahkan artikel ini. Artikel berjudul Menembus Batas Online Marketing ini berisi perangkat dan pengetahuan yang anda butuhkan untuk menjelajahi dunia bisnis internet. Dengan artikel ini saya jamin anda akan tetap bertahan dan bahkan menjadi pebisnis terdepan di dunia internet. Sekali lagi, setiap dunia punya aturannya sendiri. Tinggalkan aturan lama saat berbisnis di dunia offline. Ini dunia online, Bung!

Internet bukan televisi, bukan radio, bukan majalah, bukan direct mail dan bukan pula telemarketing. Internet adalah dunia marketing yang sepenuhnya baru. Siapapun yang tidak siap atau tidak bisa beradaptasi dengan internet tidak akan punya peluang untuk bertahan. Sebab bisnis masa depan ada dalam genggaman internet. Tak percaya? Tiap tahun pengguna internet terus meningkat melebihi media-media konvensional yang pernah ada. Dengan kecepatan dahsyat, jangkauan seluruh dunia dan selalu tersedia dalam 24 jam, tak ada media konvensional yang mampu menandingi internet.

Memang ada sebagian orang yang sudah mulai melakukan marketing lewat internet. Tapi, sayangnya mereka tidak tahu betul bagaimana memanfaatkan internet sebagai senjata

pemasaran produk mereka. Banyak investasi promosi yang dikeluarkan terbuang sia-sia. Penyebabnya ada yang karena frustasi untuk mengenali dunia baru ini. Penyebab lainnya karena banyak yang menganggap internet tak lebih seperti tempat pemasaran yang lama. Atau ada pula yang berpandangan kalau internet akan melakukan semua pekerjaan marketing bagi mereka.

STOP! Anda tentu tak ingin menjadi “korban” selanjutnya kesalahpahaman terhadap dunia internet. Artikel ini akan mencerahkan pemahaman anda dan mengubur dalam- dalam cara berpikir bisnis kuno anda. Artikel i ini akan menunjukkan kenyataan marketing di dunia internet dan memandu anda melakukan investasi marketing terbaik. Serta menjadikan internet sebagai bagian dari proses marketing. Anda akan dibuat sadar kalau internet tak lebih hanyalah salah satu medium marketing dan bukan marketing itu sendiri. Artikel ini juga akan membuka pemahaman anda mengenai perbedaan iklan online dan iklan offline.

Sengaja dalam Artikel ini dikemas dengan begitu sederhana, sehingga siapapun pasti akan mudah memahaminya. Tak akan anda temukan istilah-istilah teknis yang bisa membuat rambut anda rontok. Bahasanya pun dikemas seringan mungkin tanpa mengurangi kadar isi yang ingin disampaikan. Tak ada kata sulit agar anda yang berniat menggeluti internet marketing bisa memahaminya secara tepat dan mudah. Artikel ini juga berisi pola pikir yang anda butuhkan untuk sukses dalam internet marketing. Ada juga tips, trik, dan taktik yang akan menghasilkan keuntungan tanpa batas untuk anda.

Semua informasi berharga itu lahir lewat riset yang sudah saya lakukan bertahun-tahun. Dengan kesungguhan mengamati berbagai perkembangan internet marketing yang sudah dan sedang terjadi serta prediksinya di masa mendatang, maka sungguh bangga saya persembahkan artikel ini untuk anda. Dijamin, informasi yang ada di dalamnya tak mudah lekang oleh waktu.

Tahukah anda kalau banyak sekali perusahaan yang kebingungan menjalankan internet marketing? Ibaratnya seperti lalat yang hinggap di sarang laba-laba. Mereka terjebak dan bingung tak tahu apa yang harus dilakukan.

Namun, ada pula sebagian kecil perusahaan yang sudah merasakan manfaat internet. Diakui, ditinjau dari segi apapun, internet menjadi media yang tak ada bandingannya untuk melakukan marketing. Keuntungan melimpah yang mereka capai yang menjadi dasar atas keyakinan itu. Yang mereka rasakan bukan hanya kabar dari orang-orang, tapi keuntungan nyata yang sudah mereka nikmati langsung.

Dan bagi mereka yang menyadari bahwa internet adalah media pemasaran yang paling baik, mereka akan mempelajari taktik dan tekniknya. Karena situs web benar-benar memberi manfaat besar bagi perkembangan suatu bisnis.

Situs web bukanlah sesuatu hal yang statis. Sebaliknya ia mengikuti proses kehidupan, selalu berkembang dan berubah.

Nah, sekarang apa yang menjadi inti dari sebuah situs web? Apa yang paling menarik dari situs web? Konten. Dan cara terbaik untuk mengembangkan konten terbaik adalah dengan mengikuti tiga langkah ini :

1. Tulislah tujuan yang ingin dicapai oleh website anda.
2. Tulislah hambatan-hambatan yang menghalangi jalan anda untuk mencapai tujuan.
3. Bangun jembatan antara tujuan dan target market anda dengan informasi.

Kesuksesan situs web anda bergantung pada seberapa besar tingkat ketertarikan pengunjung terhadap konten anda. Desain hebat dan promosi yang spektakuler tidak ada artinya jika konten anda tidak memenuhi kebutuhan market anda. Nah, untuk mengembangkan konten demi memenuhi kebutuhan pasar, anda coba dulu menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:

• Apa tujuan jangka pendek dan mendesak situs web anda? Usahakan buat tujuan yang spesifik.
•Apa tindakan yang anda ingin pengunjung lakukan? Sedikit tindakan akan lebih baik.
•Apa tujuan jangka panjang anda ?
•Siapa yang anda inginkan untuk mengunjungi situs anda ?
•Solusi atau keuntungan apa yang anda tawarkan pada para pengunjung ini ?
•Data apa yang harus disediakan oleh situs anda untuk mencapai tujuan utama ?
•Informasi apa yang anda sediakan untuk mendorong mereka bertindak sekarang ?
• Pertanyaan apa yang paling sering ditanyakan pada anda lewat telepon ?
• Pertanyaan dan komentar apa yang paling sering anda dengar?
•Data apa yang harus disediakan oleh situs anda untuk mencapai tujuan kedua ?
•Kemana target audience anda pergi untuk mencari informasi ?
•Seberapa sering anda menginginkan pengunjung anda kembali ke situs anda ?
•Alasan apa yang mungkin menyebabkan anda tidak bisa menjual sebanyak yang anda harapkan ?
•Siapa pesaing yang paling cerdik ?
• Apakah pesaing anda mempunyai situs web?
• Hal apa yang membedakan antara anda dan pesaing anda ?
•Seberapa penting nilai target market anda ?

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas bisa menentukan konten situs web anda. Konten itulah yang nantinya mengarahkan anda untuk menyediakan materi untuk pemula atau materi detail.

Pertanyaan di atas membantu anda mengambil keputusan cerdas. Anda jadi tahu apa yang harus menjadi fokus perhatian anda, apa yang harus digunakan sebagai headings, apa yang harus ditunjukkan pada pengunjung, dan apa yang harus menjadi fitur. Selain itu, anda akan tahu seberapa sering harusnya anda meng-update situs web. Satu hal lagi, anda harus belajar menulis jika anda terjun dalam bisnis yang bergelut dengan dunia menulis (informasi).

Dan, ingat bahwa informasi yang anda berikan harus disajikan dalam ukuran-ukuran kecil. Perbanyak kalimat pendek dan paragraf. Karena internet adalah tempatnya para penulis yang lugas dan jelas. Dan hasilnya, anda akan mendapat keuntungan yang anda mau.Situs web yang berkonten baik berhak mendapat traffic tinggi, baik dari pengunjung maupun dari para pemilik situs web.



* NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman anda di Facebook, MySpace, Twitter, Digg, dll.Silahkan klik logo dibawah ini,Terima kasih.

sumber : http://www.erisatria.com/online-entrepreneurship/176-memahami-internet-dunia-tanpa-batas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More